Entah Indonesia itu negara yang ga mau kalah, plagiator, atau emang kurang kreatif. Tanpa sengaja sedang menjelajah YouTube dengan keyword “superman indonesia”, gw menemukan video ini. Ya, ini merupakan cuplikan film indonesia yang berjudul “RAMA SUPERMAN INDONESIA”, dan gw pun teringat waktu masih kecil abang gw pernah cerita tentang film ini. Jangan tanya gw si RAMA ini punya hubungan psikologis ama Clark Kent atau tidak, dan jangan tanya juga apakah pemerannya punya hubungan psikologis dengan Christoper Reeve, karna gw pun udah lupa mengenai cerita film ini.

Tapi setelah gw tanya om Google, ternyata si RAMA ini punya cincin yang bila dicium bisa merubahnya menjadi seorang super hero. Untung cincin, coba kalo kaos kaki, sebelum berubah udah pingsan duluan dia. Film RAMA SUPERMAN INDONESIA ini, dibuat pada tahun 1974 disutradarai oleh Frans Totok Ars. Gw kira sutradaranya sama ama Superman Amrik. Di bintangi oleh Agus Melasz, Yenny Rachman, Bambang Hermanto, Djauhari Effendi, dkk. (bener kan ngga ada Christoper Reeve di situ)

Superman kok kribo… halah